Kamis, 27 Februari 2020

Jenis-Jenis Pudding

Puding biasanya dijadikan sebagai besar masyarakat sebagai makanan penutup atau dessert. Meski demikian puding sering kali dihadirkan sebagai camilan bagi anggota keluarga. Puding memiliki banyak jenis, antara lain puding susu, puding santan, puding busa, puding telur, puding buah, pudingcake atau puding roti, dan puding lapis. masing-masing jenis puding memiliki kekhasan tersendiri dalam proses pembuatannya.

Akan membahas secara ringkas mengenai berbagai jenis puding tersebut.

Puding Susu
Mengenal Babagai Jenis PudingPembuatan puding susu biasa menggunakan bahan dasar susu cair segar. Jika tidak menggunakan susu cair segar, bisa menggunakan susu bubuk yang dilarutkan terlebih dahulu. Susu yang akan digunakan sebagai bahan puding biasanya didihkan secara terpisah. Sementara itu, agar-agar bubuk dilarutkan dengan sedikit air di tempat yang berbeda. kemudian, dituangkan ke dalam adonan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga tercampur rata.

Puding Buah
Jenis puding ini biasanya menggunakan buah-buahan segar atau buah kalengan yang dicampurkan ke dalam adonan puding. Biasanya buah-buahan ditata di dasar cetakan, lalu dituang dengan adonan agar-agar atau jeli dan dibiarkan hingga mengeras agar buah terikat dengan adonan puding.

Puding Lapis
Proses pembuatan puding lapis memang membutuhkan kesabaran ekstra. Karena setiap lapisan puding harus ditunggu hingga membeku agar bisa ditimpa dengan lapisan berikutnya.

Puding Santan
Ciri khas puding santan adalah selalu menghasilkan lapisan bening atau keruh di bagian atas puding. Hal ini tidak dapat dihindari karena berasal dari sifat khas santan kental. Kejadian ini bisa diminimalisasi dengan cara mengaduk-aduk adonan puding hingga suhu panas berkurang atau hampir membeku, lalu dituangkan ke dalam cetakan.

Puding Busa
Mengenal Babagai Jenis PudingPuding dengan busa biasanya dihasilhan dari putih telur yang dikocok sampai kaku. Caranya, tuang adonan puding ke dalam putih telur kocok sedikit-sedikit sambil diaduk-aduk menggunakan mikser berkecepatan rendah. Jika anda berharap adonan puding dan putih telur kocok menyatu, maka aduk-aduk adonan puding dan putih telur hingga dingin sesaat sebelum dituang ke dalam cetakan.

Puding Telur
Puding jenis ini biasanya menggunakan bahan kuning telur yang memiliki rasa gurih. Biasanya kuning telur dikocok lepas dalam suatu wadah agar tidak menggumpal pada adonan puding. Puding telur biasanya diproses dengan cara dikukus atau dibakar.

Puding Cake atau Puding Roti
Mengenal Babagai Jenis PudingPuding roti biasanya dimask dengan cara dibakar. Beberapa resep puding roti memisahkan adonan agar-agar dan adonan roti. Jadi Adonan agar dibuat lapisan bening di atas adonan roti. Atau adonan roti yang dibakar dari campuran butter, maizena, telur, dan perasa.

Puding yang bisa disajikan hangat adalah puding yang dikukus dan dibakar dalam proses pembuatannya. Contohnya puding telur, puding cake, dan puding roti

0 komentar:

Posting Komentar

 

Let's Eat Template by Ipietoon Cute Blog Design